11 Januari 2011

(Tugas Materi 1) ISD Sebagai salah satu MKDU


  Ilmu sosial dasar adalah ilmu pengetahun yang mempelajari masalah masalah sosial yang terdapat di kehidupan masyarakat. Ilmu sosial dasar merupakan salah satu dari program studi yang di dapat mahasiswa di perguruan tinggi. Tujuan mata kuliah ini di berikan di pergurun tinggi adalah (1) Agar para mahasiswa mempunyai modal untuk menyesuaikan diri di kehidupan bermasyarakat nantinya.
(2) Agar mahasiswa peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
(3) Mengerti  jalan pikiran para ahli ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan baik dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial masalah sosial yang timbul.

  Ilmu sosial dasar sama seperti Ilmu pengetahuan sosial, kedua-dua nya sama sama program studi, namun ilmu pengetahuan sosial kita temui saat masih di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan. Keduanya pun memiliki persamaan, yaitu sama sama terdiri dari kenyaataan sosial dan juga sama sama ditujukan untuk menyelesaikan berbagai masalah sosial.

Mata kuiah Ilmu Sosial Dasar diberikan dengan harapan agar mahasiswa :
(1) Berjiwa Pancasila
(2) Taqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa
(3) Memiliki wawasan Komprehensif
(4) Memiliki wawasan budaya yang luas
(5) Memiliki seperangkat pengetahuan yang tediri atas :
                                                             
Kemampuan Akademis : dapat berkomunikasi dengan baik
Kemampuan Professional : kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli
Kemampuan Personal : kemampuan kepribadian

     Jadi, Ilmu sosial dasar  adalah usaha yang diharapkan menambah pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep konsep sosial, agar disaat masuk ke dalam lingungan sosial, dapat dengan mudah menyesuaikan diri dan juga dapat berkomunikasi dengan baik.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar